-->

Tips & Artikel lolos CPNS 2014

Cerdik Menyiasati CAT CPNS 2014 :

Seperti yang anda ketahui bersama, bahwa ujian CPNS tahun ini menggunakan CAT atau Computer Assisted Test, yaitu tes yang tidak menggunakan kertas sebagai media soalnya, namun sudah menggunakan komputer. Jadi anda dan setiap peserta tes CPNS akan berhadapan dengan layar monitor LCD komputer yang sudah berisi sejumlah soal untuk dikerjakan. Di layar CAT anda akan mendapatkan informasi jumlah soal, jumlah waktu yang diberikan, serta tombol-tombol seperti terima jawaban, skip (lewati soal) untuk dikerjakan nanti, dan next (menuju soal selanjutnya).

Apa yang mesti anda perhatikan dalam menyiasati CAT ini ??

Jawabnya adalah “MANAJEMEN WAKTU”

Berikut saya berikan 5 tips manajemen waktu yang efisien untuk menaklukkan CAT dan meraih skor maksimal untuk dapat lolos CPNS.

  1. Hitung dulu alokasi waktu persoal. Misalnya anda diberikan 100 menit dan 100 soal. Maka tiap soal harus anda selesaikan maksimal 1 menit.
  2. Tabunglah waktu untuk mengerjakan soal TIU Numerik. Soal inilah yang paling sulit dan membutuhkan waktu lebih banyak dibandingkan dengan jenis soal lainnya. Untuk itu, kerjakan soal-soal selain numerik, maksimal 30-40 detik saja (Bila mengacu pada no.1). Sehingga anda bisa menabung waktu 20-30 detik untuk pengerjaan soal numerik nantinya.
  3. Tabunglah waktu pada soal yang anda sama sekali tidak tahu. Jika anda mendapati soal non numerik yang anda sama sekali belum pernah membaca materi tersebut, maka langsung saja pilih salah satu jawaban tanpa perlu melakukan “analisa”, atau pikir-pikir. Tapi langsung saja. Sebab melakukan analisa pada soal yang anda sama sekali tidak tahu hanya akan membuang-buang waktu & energi yang sangat berharga. Untuk kasus seperti ini, anda hanya butuh 5-10 detik saja. Jadi anda bisa menabung waktu 50-55 detik untuk mengerjakan soal numerik.
  4. Jangan penasaran dengan soal numerik tertentu. Jika anda sudah melakukan pengerjaan soal tersebut dan ternyata jawabannya tidak anda temukan, maka lebih baik beralih dulu ke soal selanjutnya. Penasaran dengan satu soal tertentu sangat berbahaya. Ini menguras waktu serta stamina otak anda.
  5. Tips terakhir dan yang paling penting : Sebelum berangkat tes, mintalah doa orangtua, dan sholat hajatlah terlebih dulu. Minta kepada Allah Yang Maha Luas Rezeki-Nya. Agar anda diberikan pekerjaan yang halal, barokah dan terbaik dunia akherat.


Sebab-sebab Gagal Lolos CPNS

Seperti yang anda ketahui, bersaing memperebutkan satu kursi jatah Pegawai Negeri Sipil (PNS) sangatlah sulit. Banyak pelamar dengan kualitas tinggi siap bersaing dengan anda. Jika anda ingin lolos bersaing memperebutkan kursi PNS, persiapkan diri sebaik mungkin dan hindarilah 4 faktor penyebab kegagalan berikut ini.

Penyebab umum gagal lolos CPNS :
  1. Kurang berlatih soal tes cpns. Adakalanya peserta ujian kurang memiliki waktu persiapan yang cukup atau bahkan menyepelekan ujian CPNS sehingga tidak berlatih soal-soal CPNS sebagaimana mestinya. Akibatnya adalah kurang familier dengan soal-soal CPNS sehingga kaget menghadapi soal yang diujikan.
  2. Tidak menguasai bentuk “Pola Soal CPNS Yang sering muncul” sehingga bingung dalam menentukan jawaban yang benar.
  3. Tidak direstui orangtua untuk menjadi PNS. Faktor non teknis ini terkadang sangat menentukan. Oleh sebab itu, sebelum mendaftar CPNS, mintalah doa restu orangtua terlebih dulu.
  4. Jika anda sudah banyak berlatih soal. Dan sudah menguasai “Pola Soal Yang sering muncul”. Serta mendapat restu dari orangtua, namun tetap gagal juga, coba lagi tahun-tahun berikutnya. Jika masih gagal juga, terimalah dengan lapang dada. Berarti Allah menyiapkan untuk anda, profesi lain yang lebih baik, Insya Allah.

Oleh: Taufiqurrohman, M.Si
(Founder soalcpns.com : Pusat Soal CPNS No.1 Indonesia)

-------------------------------------

Mari bergabung menjadi MEMBER SOAL CPNS untuk mendapatkan...!!!

Paket Ebook & Software CAT Soal Tes CPNS lengkap dengan kunci jawaban & pembahasan, serta Kumpulan Soal CPNS 2014 komplit berkualitas, berisi :
  1. Software CAT Latihan Soal CPNS 2014
  2. Prediksi Soal CPNS 2014
  3. Paket Pola Soal Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) atau Tes Kompetensi Dasar (TKD) yang sering muncul selama 10 tahun terakhir
  4. Paket Kisi-kisi Materi CPNS TKD
  5. Paket Tes Kemampuan Bidang (TKB)
  6. Paket Tes Intelejensi Umum (TIU) atau Tes Bakat Skolastik (TBS)
  7. Paket Tes Potensi Akademik (TPA)
  8. Paket Psikotes (Tes Psikologi) & Wawancara
  9. Paket Tes Karakter Pribadi (TKP) atau Tes Skala Kematangan (TSK)
  10. Paket Kumpulan Soal CPNS Th. 2000-2013
  11. Paket Kumpulan Undang-undang
  12. Paket Soal Wawasan Kebangsaan Tematik

“Tidak ada kebaikan dalam hidup ini kecuali salah satu dari dua orang:
1. Orang yang diam namun berpikir atau
2. Orang yang berbicara dengan ilmu.”
[Abu ad-Darda’ Radhiallohu 'anhu]